Minggu, 04 November 2012

konsep sistem informasi geografis

1.1. pengertian sistem informasi geografis adalah merupakan sistem informasi berbasis komputer digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis ( Aronof,1989).

secara umum SIG sebagai berikut :
suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, lunak, data geografis, dan sumber daya manusia yang berkerja bersama secar efektif memasukan, menyimpan , mengolah, memperbaiki, memperbahurui, memanupilasi, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu data berbasis geografis.
pada dasarnya sig dapat dikerjakan secara manual, sig yang berbasis komputer sangat membantu ketika data geografis merupakan data besar( dalam jumlah dan ukuran) dan banyak tema yag selalu berkaitan.
sig mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu dibumi, menghubungkan, menganalisa dan akhirnya memetakan hasilnya.

data yang diolah sig merupakan data spasial yaitu sebuah data yang beorientasi geografis dan merupakan lokasi yang memiliki sistem kordinat tertentu.

1.2 Data spasial
adalah sebuah data yang beorientasi geografis dan merupakan lokasi yang memiliki sistem kordinat tertentu, sebagai dasar refferensinya dibagi menjadi dua bagian penting yang membuatnya berbeda dari data lain, yaitu informasi lokasi (spasial) dan informasi deskriptif ( attribute) yang dijelaskan berikut ini;
1. informasi lokasi ( spasial), berkaitan dengan  suatu koordinat baik koordinat geografis ( lintang, bujur) dan koordinat xyz termasuk diantaranya informasi datum dan proyeksi.

1.2.1. format data spasial
secara sederhana format dalam bahasa komputer bentuk dan kode penyimpanan data yang berbeda antara file dan lainya. dalam sig, data spasial dapat direpresentasikan dalam dua format.

1.2.1.1. data vektor
data vektor merupakan bentuk bumi direpresentasikan kedalam kumpulan garis area,( daerah yang dibatasi oleh garis yang berawal dan berakhir pada titik yang sama), titik dan nodes( merupakan titik perpotongan antara dua garis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar